Ekonomi Kelas 10

Ekonomi Kelas 10

Jika dilakukan secara konsisten dan benar, penegakan hukum dalam penyelesaian kasus PT Asuransi Jiwasraya bisa menggairahkan instrumen investasi di pasar modal. Sebab komposisi portofolio investasi dalam produk unit hyperlink terdiri dari instrumen pasar modal selain instrumen pasar uang. Produk derivatif cenderung diperuntukan bagi investor senior yang sudah terlebih dulu berinvestasi di sektor saham, atau instrumen tinggi risiko lainnya. Investasi di produk ini erat kaitannya dengan spekulasi, oleh karena itu risikonya terbilang cukup tinggi. Biasanya penerbitan obligasi dibeli masyarakat atau investor yang ingin memperoleh keuntungan karena ada selisih antara nilai pokok utang dan kupon bunga.

Jika masih terdapat sisa dari hasil penjualan kekayaan perusahaan tersebut, maka sisa tersebut dibagi secara proporsional kepada seluruh pemegang saham. Namun jika tidak terdapat sisa kekayaan perusahaan, maka pemegang saham tidak akan memperoleh hasil dari likuidasi tersebut. Kondisi ini merupakan risiko yang terberat dari pemegang saham. Untuk itu seorang pemegang saham dituntut untuk secara terus menerus mengikuti perkembangan perusahaan. Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan membagi jenis pasar modal menjadi 2 berdasarkan jenis transaksinya, yaitu, pasar perdana dan pasar sekunder.

Istilah bulllish dan bearish sering menggambarkan sentimen pasar terhadap kondisi pasar modal. Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso menegaskan pihaknya selalu mendukung dan memperluas ruang di pasar modal. Hingga semester I 2021, jumlah investor saham di Sulawesi Tengah sentuh eight.735 investor. Jumlah itu naik one hundred forty five persen dibandingkan periode sama 2020 sebesar three.558 investor. Merebaknya kasus Covid-19 di India memicu kekhawatiran pasar finansial terhadap berlanjutnya pandemi di tahun 2021.

Secara khusus, pasar modal adalah suatu tempat yang dipersiapkan secara khusus untuk semua kegiatan jual-beli saham, obligasi, dan jenis surat-surat berharga lainnya. Dalam transaksi surat-surat berharga ini umumnya ada campur tangan pihak perantara penjual saham. Dalam berinvestasi, masyarakat awam lebih mengenal instrumen berupa properti dan emas. Hanya sebagian kecil orang yang mengetahui tentang pilihan investasi melalui pasar modal. Padahal, pilihan berinvestasi menggunakan capital market, tidak hanya memberi peluang mendapat keuntungan. Namun, kamu juga berperan aktif dalam meningkatkan kondisi perekonomian dalam negeri.

Yang dapat melakukan kegiatan sebagai Wakil Penjamin Emisi Efek, Wakil Perantara Pedagang Efek, atau Wakil Manajer Investasi hanya orang perseorangan yang telah memperoleh izin dari Bapepam. Dalam hal pemegang saham melakukan penjualan kembali, Reksa Dana terbuka wajib membeli saham-saham tersebut. Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Kewenangan tersebut antara lain kewenangan untuk melakukan penyidikan, yang pelaksanaannya didasarkan pada Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana. Dalam rangka mencapai sasaran tersebut diperlukan berbagai sarana penunjang, antara lain berupa tatanan hukum yang mendorong, menggerakkan, dan mengendalikan berbagai kegiatan pembangunan di bidang ekonomi. Sedangkan di bidang ekonomi sasaran Pembangunan Jangka Panjang Kedua, antara lain, adalah terciptanya perekonomian yang mandiri dan andal, dengan peningkatan kemakmuran rakyat yang makin merata, pertumbuhan yang cukup tinggi, dan stabilitas nasional yang mantap.

Pasar Modal

Obligasi yaitu surat berharga yang berbentuk surat utang atas pembelian investasi yang dilakukan oleh masyarakat atau investor untuk memperoleh keuntungan. Obligasi diterbitkan oleh perusahaan maupun negara dalam bentuk kupon bunga. Umumnya instrumen keuangan yang diperdagangkan di pasar modal merupakan instrumen jangka panjang lebih yaitu lebih dari satu tahun seperti saham, obligasi, reksadana dan berbagai instrumen derivatif lainnya. Jika yang dilakukan di bidang properti seperti tanah ataupun rumah pada umumnya membutuhkan modal yang besar, kini masyarakat juga bisa berinvestasi di pasar modal tanpa modal yang besar. Contohnya, di investasi reksa dana, calon investor bisa berinvestasi hanya dengan modal awal di bawah Rp 500 ribu.

Reksa Dana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas. Misalnya Investor membeli saham ABC dengan harga per saham Rp three.000 kemudian menjualnya dengan harga Rp three.500 per saham yang berarti pemodal tersebut mendapatkan capital gain sebesar Rp 500 untuk setiap saham yang dijualnya. Obligasi atau surat utang, yakni surat utang jangka menengah-panjang yang dapat diperdagangkan atau dipindahtangankan, berisi kontrak peminjaman dana dalam waktu tertentu yang akan dikembalikan penuh beserta imbalannya . Pasar modal atau capital market, berdasarkan PT Bursa Efek Indonesia, adalah pasar di mana berbagai instrumen keuangan diperjualbelikan, sedangkan pengawasannya dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan . Kegiatan pasar modal di Indonesia sudah diatur dalam UU Pasar Modal No. eight tahun 1995. Nah, risiko investasi di obligasi ini bisa diminimalkan dengan cara memilih produk Surat Berharga Negara .

Comments are closed.