Mau Putar Duit Di Pasar Modal? Perhatikan Dulu Hal Ini

Mau Putar Duit Di Pasar Modal? Perhatikan Dulu Hal Ini

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , Pandemi merupakan wabah yang berjangkit serempak di mana-mana atau meliputi geografi yang luas. WHO sendiri mendefinisikan pandemi sebagai situasi ketika populasi seluruh dunia ada kemungkinan akan terkena infeksi ini dan berpotensi sebagian dari mereka jatuh sakit. Wabah Covid-19 yang melanda seluruh dunia memaksa berbagai negara membuat kebijakan untuk mencegah atau menanggulangi wabah ini seperti pemberlakuan lockdown, pembatasan kegiatan bisnis berskala besar, hingga larangan bepergian ke luar daerah, tidak terkecuali di Indonesia. WHO mengimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing, yaitu menjaga jarak fisik sebagai cara untuk menghindari penyebaran Covid-19 lebih luas. Oleh karena itu, banyak sektor bisnis yang beralih ke online agar tetap dapat menjalankan kegiatan sesuai protokol yang berlaku. Hal ini sangat berdampak pada kondisi keuangan masyarakat secara umum, dengan kasus yang berbeda-beda, mulai dari pemotongan upah kerja hingga adanya Pemutusan Hubungan Kerja .

Definisi pasar modal itu sendiri merupakan tempat bertemunya investor dan emiten. Yaitu tempat yang mempertemukan pihak membutuhkan dana jangka panjang dengan pihak yang membutuhkan sarana investasi. Reksa dana ini lebih menyasar masyarakat lokal sehingga mereka bisa ikut serta untuk menanamkan dananya di dalam pasar modal.

Pasar Modal

Pihak-pihak yang kekurangan dana bisa jadi perusahaan, pemerintah, atau pihak lainnya. Sementara itu, pihak yang kelebihan dana bisa jadi perusahaan atau masyarakat umum. Salah satu karakteristik dari obligasi ini adalah sebagai sebuah instrumen investasi jangkah menengah panjang yang diterbitkan oleh perusahaan maupun pemerintah atau negara. Melalui investasi tersebut, investor akan memiliki kesempatan untuk memperoleh imbalan sesuai instrumen investasi yang ia pilih.

Oleh karena itu untuk memudahkan masyarakat dan para produsen untuk mendapatkan permodalan maka pemerintah bersama-sama lembaga-lembaga ekonomi menyelenggarakan kegiatan pasar modal. Tidak seperti menabung di bank yang bunganya kecil, investasi di pasar modal seperti saham memberi kesempatanmu mendapatkan keuntungan besar. Penjaminan emisi efek terlebih dahulu harus mendapatkan izin untuk menerbitkan ataupun menjual efek dari pihak lain.

Saat ini, lanjut David, minat investor terhadap perusahaan digital sangat tinggi, termasuk perusahaan digital asal Indonesia. Jakarta – Kepala Ekonom Bank Central Asia David Sumual menilai rencana entitas gabungan Gojek dan Tokopedia, GoTo, yang akan melakukan penawaran umum perdana saham atau IPO di Bursa Efek Indonesia , membuat pasar modal Indonesia kembali bergairah. Melihat kebutuhan sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, maka dibentuklah Pusat Studi Pasar Modal di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia.

Comments are closed.