8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara

8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara

Sama seperti cerita perjuangan seseorang menempuh pendidikan yang berbeda-beda, cerita dalam menjalani interview pun juga berbeda-beda. Tidak heran, Anda pun harus mengukirnya sendiri sebaik mungkin. Sikap yang baik untuk seorang pekerja baru apalagi masih contemporary graduate adalah tidak sombong. Soal pengalaman, Anda masih kalah dibandingkan dengan beberapa karyawan senior. Selain kelebihan, pewawancara juga akan mencari tahu tentang kelemahan kandidat.

Selain dari jawaban-jawaban yang diberikan, pewawancara juga akan menilai penampilan Anda saat datang memenuhi undangan wawancara. Karena itu, persiapkan pakaian yang akan dikenakan sebaik mungkin. Untuk memberikan kesan positif, pakaian formal lebih disarankan. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk benar-benar memahami job description untuk posisi yang Anda lamar. Meskipun deskripsi pekerjaan untuk posisi yang sama bisa berbeda di masing-masing perusahaan, pasti ada tugas dan tanggung jawab yang berlaku umum. Kesan pertama yang terbentuk melalui cara berbicara, cara berjalan dan bahasa tubuh.

Misalnya, kemampuan Bahasa Inggris yang terbukti dengan skor TOEFL atau mempraktikkan Bahasa Inggris saat interview kerja. Ketika HRD memberikanmu waktu untuk bertanya, maka bertanyalah sewajarnya. HDR dapat melihat kesungguhanmu untuk bergabung di perusahaan melalui pertanyaan yang mungkin membuatmu penasaran dengan posisi yang telah dilamar. Sahabat Fimela dapat menanyakan tugas yang dikerjaan dari posisi yang dilamar dan budaya kerja di perusahaan tersebut seperti apa. Tidak hanya berpenampilan yang menarik, ketika melakukan wawancara kerja ada baiknya untuk menjaga kesopanan.

Untuk menambah kesan profesional, ada tata cara wawancara yang harus diperhatikan. Sesuai dengan namanya, wawancara ini dilakukan dengan tujuan untuk sarana konsultasi. Pelaksanaannya dilakukan oleh seorang tenaga konselor yang bertujuan untuk membantu seseorang dalam mengatasi permasalahannya.

Jangan pernah terlambat untuk mengikuti suatu wawancara kerja. Untuk itu, datanglah minimal 15 menit sebelum waktu wawancara. Pewawancara dari generasi Baby Boomer lebih menyukai pekerja keras dan orang yang bisa menghargai pencapaian si pewawancara.

Tips supaya sukses dalam interview

Diketahui, pandemi Covid-19 mengakibatkan sejumlah dampak yang cukup signifikan. Akibatnya, sejumlah perusahaan sulit untuk mempertahankan cashflow, dan terpaksa melakukan PHK pada karyawan. Menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi pasti tidak mudah.

Dengan 3 kata yang mendeskripsikan diri Anda, pewawancara telah memiliki bayangan siapa diri Anda dan bagaimana Anda menilai diri sendiri. Wawancara kerja adalah situasi formal yang menuntut kita berperilaku profesional sepanjang prosesnya. Jadi, hindari istilah-istilah slang atau tidak resmi di hadapan pewawancara. Ucapkan “It’s good to meet you” dan “I’m glad to be here”, dan bukan “Hey, man” atau “totally stoked” yang lebih cocok untuk menyapa teman. Ada baiknya untuk mengunci kamar selama Anda melakukan wawancara online. Hal ini bisa meminimalisir gangguan seperti hewan peliharaan tiba-tiba masuk.

Terutama untuk hal kecil, sebaiknya jangan pernah menyepelekannya begitu saja. Jika Anda ingin berhasil saat tahap wawancara, hindarilah kesan menyepelekan dalam hal apapun. Kelebihan yang disampaikan sebaiknya sesuai dengan posisi kerja yang dilamar untuk memperbesar kesempatan lolos wawancara dan memudahkan Anda saat menjalani posisi tersebut nantinya.

Karir.com adalah pionir job portal di Indonesia sejak tahun 1999. Dapatkan suggestions menarik seputar dunia rekrutmen, pengembangan diri, dan informasi menarik lainnya. Meski Anda sudah sering terlibat dalam percakapan Bahasa Inggris, namun kata dan kalimat yang dipilih untuk situasi resmi seperti ini bisa berbeda.

Demi kepraktisan dan efisiensi waktu, perusahaan kerap mengadakaninterview onlinelewat panggilan telepon atauvideo name. Sebagai contoh, Anda mencetak rencana tindakan dan menempatkannya di depan meja kerja Anda. Sikap tenang dalam wawancara memberikan kesan baik untuk kamu. Selanjutnya, kamu juga perlu menjelaskan pelajaran apa saja yang kamu bisa ambil dari pengalaman PHK tersebut. Beri tahu pewawancara, usaha apa saja yang kamu lakukan untuk terus berkembang dan belajar dari kegagalan.

Comments are closed.