10 Cara Sederhana Membangun Kerja Tim Yang Solid Dan Efektif

10 Cara Sederhana Membangun Kerja Tim Yang Solid Dan Efektif

Dampak terburuknya, lingkungan kerja akan menjadi tidak kondusif dan mengganggu karyawan lainnya yang semula tidak terlibat. Bekerja tidak hanya bertujuan mencari uang yang banyak, namun kita juga bisa belajar untuk bersosialisasi ataupun bekerja sama dengan rekan kerja kita. Visualiasi dapat diibaratkan seorang tukang photograph yang memotret suatu obyek dan menghasilkan gambar dalam bentuk negatif movie yang selanjutnya diproses menjadi sebuah photo . Bila tukang photograph tersebut tidak memotret, tentu tidak ada picture yang dihasilkan.

Berhasil dalam bekerja sama dengan rekan kerja

Simak ulasan berikut ini dan mulailah membangun kerja sama tim untuk kemajuan perusahaan Anda. Mintalah laporan dan umpan balik yang sering agar Anda dapat mengevaluasi tingkat kontribusi dan kolaborasi masing-masing individu dan dalam kelompok secara keseluruhan. Pastikan untuk membangun tim dengan seorang pemimpin yang handal dan bisa dipercaya, sehingga berbagai tujuan tim bisa tercapai di tangannya. Pemimpin harus memiliki karakter yang kuat dan layak untuk menjadi “kepala”.

Langkah tersebut dapat membantu Anda untuk tidak menciptakan copy-an dari diri Anda sendiri, dan meminimalisir diri Anda dikelilingi orang yang tidak menyukai Anda. Jika Anda mengendalikan orang untuk melakukan hal-hal tertentu dengan cara tertentu, Anda tidak akan mendapatkan tingkat keterlibatan yang Anda cari. Pelatihan dapat membantu orang-orang yang Anda pimpin mengenali pilihan yang mereka miliki di hadapannya. Orang-orang di tim Anda kemungkinan akan semakin kuat dengan rasa kepemilikan atas arah dan tujuan sebuah proyek. Upaya untuk mengatasi hambatan atau kendala dari kinerja tim, perlu melihat tiga hal positif tentang masalah tersebut, sebelum Anda mengidentifikasi apa yang membuat tidak memuaskan.

Setelah Anda dan partner bisnis telah menetapkan visi dan misi perusahaan, Anda bisa mulai membuat tujuan yang harus dicapai masing-masing associate bisnis dalam jangka waktu tertentu. Diskusikan tujuan masing-masing individu sejak awal, serta aturan-aturan yang perlu ditaati masing-masing partner. Di mana, aturan-aturan tersebut sebaiknya dibuat secara tertulis dalam Founders Agreement yang berlaku sebagai landasan enterprise partnership. Ketiadaan perjanjian tertulis yang mengatur hubungan kerja sama antara Anda dengan associate dapat berujung pada sengketa.

Di masa depan, orang-orang akan senang untuk mengunjungi Anda bukan karena kesuksesan selama bekerja, melainkan hubungan baik yang terjalin erat. Bekerja dengan hati mengingatkan akan arti pentingnya setiap orang agar bekerja secara maksimal dan tidak asal-asalan. Menggunakan kemampuan fisik, psikis, kecerdasan dan semua potensi yang dianugrahkan sang pencipta.

Comments are closed.